Resep Nugget Ayam Ala Rumahan

Resep Nugget Ayam Ala Rumahan

Resep Nugget Ayam – Nugget ayam merupakan salah satu panganan hasil olahan daging ayam yang memiliki banyak sekali varian rasa, biasanya warna nugger ayam itu sendiri berwarna kuning keemasan. Sekarang di era modern ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang sangat pesat. Nugget ayam merupakan produk hasil olahan ayam yang dibentuk dari daging ayam yang dicincang, kemudian dilapisi dengan tepung roti dan telur, lalu digoreng atau dipanggang.

Sejarah Nugget Ayam

Resep Nugget Ayam – Nugget ayam pertama kali dibuat sekitar tahun 1950. Nugget ayam pertama kali dibuat oleh seorang professor ilmu pangan di Cornell University yang bernama Robert C. Baker dan diterbitkan sebagai karya akademis unpatented. Inovasi dari Dr. Baker ini memungkinkan untuk membentuk nugget ayam dalam kondisi apapun.

Bahan baku nugget ialah potongan daging ayam yang telah dicincang atau digiling, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam pengolahan nugget di industri, pengolahan nugget ayam melalui beberapa tahapan. Pertama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, daging ayam yang telah halus tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi.

Baca Juga : Resep Kue Putri Salju Ala Rumahan Yang Mudah Untuk Pemula

Kemudian, emulsi tersebut diberi pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, emulsi yang telah diberi pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu yang sangat rendah hingga nugget membeku. Kemudian jika nugget sudah membeku, nugget siap untuk dikemas.

Dalam proses penyimpanan, nugget ayam memerlukan perlakuan khusus, yaitu nugget selalu di simpan dalam kondisi beku (frozen) atau suhu dibawan 0°. Hal ini dikarenakan Nugget ayam adalah hasil produk olahan hewani yang masuk dalam kategori mudah rusak atau mudah busuk yang disebabkan oleh mikro organisme.

Bahan Dan Cara Membuat Nugget Ayam

Resep Nugget Ayam – Untuk membuat nugget ayam, tentunya ada beberapa bahan-bahan yang harus anda persiapkan. Dalam memilih bahan, pilihlah bahan yang berkualitas baik sehingga nantinya nugget ayam yang anda buat memiliki hasil yang tidak kalah dari buatan pabrik atau industri lainnya. Berikut kami jabarkan bahan dan ara membuat nugget ayam.

Bahan yang diperlukan :

  • Dada ayam yang sudah dipisahkan dari kulit dan tulangnya sebanyak 5 ons, kemudian daging ayam dipotong-potong.
  • Air dingin sebanyak 1/3 gelas, usahakan bukan air yang ditambahkan es batu.
  • Serpihan kentang sebanyak 1 sdm (optional).
  • Lada hitam ⅛ sdt.
  • Keju parmesan yang telah diparut halus ¼ gelas.
  • Haluskan corn flakes sebanyak ¾ gelas dari 2 ½ cangkir sereal.
  • Campur bubuk bawang putih sebanyak ½ sdt dengan garam sebanyak ½ sdt.

Cara Membuat :

  1. Haluskan terlebih dahulu corn flakes ke dalam pengolah makanan hingga menjadi halus. Setelah adonan halus dan rata, masukkan adonan tadi ke dalam mangkuk dan campur adonan dengan tepung (campuran corn flakes dengan sereal) dan juga keju parmesan.
  2. Pada mangkuk mesin pengolah makanan, campurkan 1 pon daging ayam, serpihan kentang, air, bawang putih, garam, dan juga lada hitam. Campur semuanya hingga daging ayam terpotong dengan baik.
  3. Gulung dan tekan-tekan hingga berbentuk pipih. Gulungkan adonan tadi ke dalam campuran tepung dan tekan-tekan supaya tepung dapat menempel dengan rapat ke permukaan daging.
  4. Pindahkan potongan nugget ke atas loyang dan panggang selama 15 menit pada suhu 170 derajat Celsius. Jika nugget sudah setengah matang pada saat proses memanggang, anda bisa membalikkan nugget ke sisi yang berbeda. Jika kedua sisi nugget sudah matang, keluarkan loyang dari dalam oven dan dinginkan nugget selama beberapa saat sebelum disajikan.

resep nugget ayam

Tips :

  • Jangan memanggang nugget ayam terlalu lama karena nantinya nugget akan menjadi kering dan akan merubah rasa dari nugget tersebut.
  • Jangan menggoreng nugget ayam terlalu lama, karena nantinya akan merubah rasa dari nugget ayam tersebut. Gorenglah nugget ayam sampai berwarna kecoklatan atau keemasan.
  • Jika anda ingin menyimpan nugget ayam ke dalam lemari es selama berhari-hari atau bahkan sampai berbulan-bulan, anda bisa menyimpannya selama 1 jam setelah nugget terbungkus dengan tepung. Untuk menghasilkan warna nugget yang lebih keemas an saat dipanggang, anda bisa mengoleskankan minyak goreng ke atas nugget ayam sebelum memanggang nugget ayam dan panggang nugget ayam selama ± 15 menit.

Baca Juga Artikel Lainnya Dari Muslim Bloggers

Kandungan Gizi Pada Daging Ayam

Resep Nugget Ayam – Daging Ayam merupakan salah satu bahan makanan hewani yang berasal dari unggas-unggasan yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.  Pada Daging Ayam terkandung sejumlah kandungan gizi, antara lain energi sebesar 302 kilokalori, protein 18,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 25 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain kandungan tersebut, di dalam Daging Ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 810 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil kandungan tersebut didapat dari penelitian terhadap sebanyak 100 gram Daging Ayam, dengan jumlah daging yang dapat dimakan sebanyak 58 %.

Kandungan gizi pada paha daging ayam

Resep Nugget Ayam – Bagian paha pada daging ayam menjadi salah satu bagian yang banyak peminat penyuka daging-dagingan. Apalagi bagian paha bawah yang tentu saja banyak sekali peminatnya. Ternyata pada 100 gram paha ayam ada banyak sekali kandungan nutrisinya loo, mau tau apa saja yang kandungan nutrisi dalam 100 gram paha ayam, berikut daftar kandugan nutrisinya..

Nama Kandungan Jumlah Kandungan per 100 gr
Protein 26 gr
Kalori 209 Kalori (53% Protein, 47% Lemak)

 

Kandungan gizi pada sayap daging ayam

Resep Nugget Ayam – Sayap pada daging ayam tidak kalah banyak peminatnya dibandingkan dengan paha daging ayam. Bukan hanya peminatnya saja yang tidak kalah banyak, kandungan gizinya juga tidak kalah bagus dari paha ayam. Berikut kami uraikan kandungan gizi pada sayap daging ayam per 100gr yang di dapat dari para ahli nutrisi.

Nama Kandungan Jumlah Kandungan per 100 gr
Protein 30,5 gr
Kalori 203 Kalori (64% Protein, 36% Lemak)

Kandungan gizi pada dada daging ayam

Resep Nugget Ayam – Dada pada daging ayam merupakan bagian yang paling banyak dagingnya. Dada daging ayam juga memiliki tekstur daging yang lebut, sehingga bagian yang satu ini banyak sekali peminatnya dibandingkan bagian lain. Kandungan nutrisinya juga paing banyak jika dibandingkan dengan paha dan sayap daging ayam. Berikut kami uraikan kandungan pada dada daging ayam yang berhasil kami dapatkan dari seorang ahli nutrisi.

Nama Kandungan Jumlah Kandungan per 100 gr
Protein 31 gr
Kalori 284 Kalori (80% Protein, 20% Lemak)

Kandungan Lengkap Pada 100gr Daging Ayam

Resep Nugget Ayam – Dari 100gr daging ayam tanpa tulang dan tanpa kulit yang telah diteliti oleh ahli nutrisi, didapatkanlah beberapa kandungan yang cukup penting untuk tubuh, terutama untuk pertumbuhan anak-anak.

Nama Kandungan Jumlah Kandungan per 100 gr
Energi Daging Ayam 302 kkal
Protein Daging Ayam 18,2 gr
Lemak Daging Ayam 25 gr
Karbohidrat Daging Ayam 0 gr
Kalsium Daging Ayam 14 mg
Fosfor Daging Ayam 200 mg
Zat Besi Daging Ayam 2 mg
Vitamin A Daging Ayam 810 IU
Vitamin B1 Daging Ayam 0,08 mg
Vitamin C Daging Ayam 0 mg
Summary
Recipe Name
Resep Nugget Ayam
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Average Rating
5 Based on 1 Review(s)

jatipandus Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *